Mengenal Semen Mortar (Semen Instan)

Friday, 14 August 2020

Share

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
bahan semen instan, bahan semen mortar, fungsi mortar, harga semen mortar, keunggulan semen instan, mortar, semen instan, semen instan crona, semen mortar, semen mortar crona

Pernah mendengar tentang Semen Instan? Well, kami yakin anda sudah pernah mendengar tentang produk bahan bangunan semen instan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Semen Mortar.

Bisa cukup dimengerti jika semen mortar kurang begitu dikenal. Disamping karena minimnya publikasi yang selama ini ada, pastilah karena faktor kesibukan kita sehingga menjadi kurang update dengan perkembangan tehnologi di dunia bangunan.

So, di artikel ini, kita akan mencoba berbagi tentang semen mortar/instan lebih detail.

Semen Instan

Secara umum, yang disebut dengan mortar adalah campuran antara pasir dan semen yang dipakai untuk merekatkan bata, memasang keramik, mengecor, mengaci, atau memplester.

Pengertian lebih spesifik, semen mortar adalah semen yang bisa langsung digunakan tanpa harus repot-repot menambahkan bahan bangunan lain.

Bahan & Pembuatan Semen Instan

Berbeda dengan semen tradisional atau konvensional, proses pembuatan semen mortar/instan telah memakai tehnologi modern yang terkomputerisasi. Hal ini bertujuan agar pencampuran atau mixing antar komponen penyusunnya sesuai standar, dan kualitasnya terjaga dengan baik.

Bahan yang dipakai dalam pembuatan semen mortar/instan juga berbeda. Jika semen konvensional hanya memakai satu bahan saja, maka semen instan adalah campuran dari semen, pasir silika, zat aditif dan beberapa bahan material lain yang bisa dicampur menjadi satu.

Tujuannya, well, pastinya membantu banget bagi pengguna semen dalam hal efisensi waktu, kualitas dan mempermudah proses pengerjaan bangunan.

Keunggulan Semen Instan

Semen mortar atau instan memiliki banyak sekali keunggulan sebenarnya. Keunggulan yang kami sampaikan dibawah ini, adalah keunggulan secara umum yang memang selayaknya patut mendapat apresiasi, jika dibandingkan dengan semen konvensional. So, here they are:

1. Mudah & Praktis. Dalam arti, untuk menggunakannya tinggal dicampur dengan air.

2. Kualitas bahan baku terjamin. Proses mixing atau pembuatan semen telah menggunakan tehnologi modern.

3. Hemat waktu dan biaya. Pernah mengukur berapa waktu yang dibutuhkan untuk membuat semen konvensional siap pakai dan terukur dengan tepat? Tentang biaya, kami yakin cukup jelas, terlebih semen instan bisa diukur pemakaiannya dengan kalkulator penghitung semen. Semua terkalkulasi dengan baik.

4. Daya rekat jauh lebih tinggi. Pemakaian zat aditif dimaksudkan untuk menjaga kualitas agar tetap prima. Berbeda dengan semen konvensional yang dalam pemakaiannya harus ditambahkan pasir atau kerikil.

5. Mudah dalam penyimpanan. Kemasan semen mortar mudah disimpan, tidak akan memadat.

6. Lokasi proyek lebih bersih. Karena tidak memerlukan campuran lain seperti pasir dan kerikil, lokasi pasti lebih bersih.

7. Daya sebar lebih luas. Dalam skala apple to apple, daya sebar semen mortar lebih luas daripada semen konvensional.

Fungsi Semen Instan

Anyway, rasanya kurang pas kalau kita hanya mengetahui semen mortar/instan tanpa tahu fungsinya secara nyata di dunia konstruksi. Secara gampang, berikut fungsi utama semen mortar:

  1. Perekat Hebel atau Bata Ringan
  2. Perekat Keramik
  3. Pengisi celah antar keramik
  4. Pelapis dinding baru

Beberapa contoh pengaplikasian semen instan pada proyek bangunan:

Harga Semen Instan

Harga semen mortar atau instan tidak jauh berbeda dengan harga semen konvensional.

Dengan harga yang hampir sama dan kualitas yang jauh lebih bagus karena proses produksi yang telah memakai komputer, kami yakin anda cukup bijak produk mana yang kan anda pilih, semen konvensional atau semen instan. Terlebih jika anda seorang pengembang atau kontraktor, kami yakin semen instan adalah pilihan anda.

Share

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tentang Author

Secured By miniOrange